IAIN FM Papua Dorong Peningkatan Kualitas SDM Melalui Studi S3

(iainfmpapua.ac.id) –  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mendorong dosen dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kualitas melalui studi S3. Wakil Rektor (Warek) I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd menyampaikan hal ini menanggapi lolosnya dosen Fakultas Tarbiyah Andi Miftahul Maulidil Mursyid, M.Pd yang mendapatkan beasiswa BIB.

“Pihak kampus berkomitmen mendukung peningkatan sumber daya manusia, kita dorong seluruh dosen yang ingin melanjutkan studi S3, karena ini akan meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM pendidik yang ada di kampus nantinya,” ucapnya 11 September 2023.

Menurutnya, peningkatan sumber daya manusia (SDM) ini akan menjadi nilai tambah dalam proses akreditasi. “Semakin banyak dosen yang melanjutkan studi S3 tentu akan baik bagi akreditasi kampus, oleh karenanya tidak hanya melalui jalur beasiswa saja, namun dosen yang ingin melanjutkan studi secara mandiri juga tentu kami support,” tambahnya. Warek I mengucapkan selamat kepada dosen yang mendapat beasiswa, dan berharap dosen-dosen lain agar tetap bersemangat memaksimalkan jenjang studinya.

Dihubungi terpisah, Dosen Tadris Bahasa Inggris Andi Miftahul Maulidil Mursyid, M.Pd yang lolos seleksi  Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) tahun 2023 menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk meraih beasiswa ini. “Butuh focus dan konsistensi, serta ada dukungan dari pimpinan satker,” tegasnya. Ia menyampaikan rasa bangga atas dukungan dan respon dari Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua yang memberikan rekomendasi kepada para dosen untuk mengikuti seleksi beasiswa ini. “Karena Ini juga selaras dengan cita-cita rektor untuk menguatkan dan meningatkan sumber daya manusia sivitas akademik di IAIN Fattahul Muluk Papua,” pungkasnya.

Muldi, sapaan akrabnya, berhasil meraih beasiswa S3 pada program studi School of Curriculum Teaching & Inclusive Education di Monash University, Australia. “Pertimbangan memilih Monash University karena kampus ini menduduki peringkat pertama di Australia tahun 2023 menurut Times Higher Education,” ucapnya. Ia mengatakan, saat ini di Monash Unversity terdapat banyak ahli di bidang pengajaran Bahasa inggris yang sudah bekerja sama dengan kampus-kampus ternama di Indonesia. “Ini juga menjadi salah satu pertimbangan saya agar nantinya dapat membuat peluang untuk menjembatani kolaborasi penelitian antara para ahli dari Monash University dengan IAIN FM Papua,” tambahnya.

Dikutip dari website beasiswa.kemenag.go.id, Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) merupakan skema beasiswa prestisius kolaborasi dari Kementerian Agama dan LPDP Kementerian Keuangan untuk masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan karier, pengalaman, dan jaringan kampus di dalam dan luar negeri. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *