AL Prodi Bahasa Inggris: Asesor Melihat Fakta, Bukan Mengadili

(iainfmpapua.ac.id) – Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua melaksanakan salah satu proses penting dalam akreditasi program studi yakni Assesmen Lapangan (AL) yang digelar di aula fakultas, 22 Januari 2024.  

Dalam sambutannya, Assesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) Sultan, BAA, S.S, M.Ed, Ph.D menerangkan bahwa tujuan utama dari assesmen lapangan adalah melihat data dan fakta. “Asesor datang tidak untuk mengadili, namun kami hadir untuk melihat fakta sebenarnya,” tuturnya.  Bersama Assesor Dr. Andi Mukarramah Nagauleng, M.Pd, pihaknya menyebut bahwa tim Asesor bertugas membuktikan berbagai hal yang sudah dituangkan oleh tim akreditasi di dalam borang.

Pada sambutan sebelumnya, Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd mengatakan bahwa tim akreditasi Prodi TBI sudah melakukan persiapan maksimal menjelang assesmen lapangan. “Insya Allah dengan persiapan maksimal yang kita lakukan juga dapat meraih nilai yang maksimal juga,” ucapnya. Warek mengatakan, kegiatan assesmen lapangan ini dinilai penting karena dapat membuktikan berbagai data dan fakta yang mungkin terlewatkan dalam pengisian borang. “Selain itu, catatan dari asesor itu nanti kita jadikan perhatian bersama untuk dilakukan perbaikan atau upgrade untuk Prodi Tadris Bahasa Inggris yang lebih baik,” tegasnya.

Dekan fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Zulihi, M.Ag, mengatakan, pihaknya percaya dan optimis Prodi Tadris Bahasa inggris mampu memberikan hasil yang terbaik. “Ketua Tim akreditasi dan jajarannya sudah menyediakan semua yang diminta tim assessor LAMDIK, dengan Ikhtiar dan kerja keras ini Insya Allah akan membuahkan hasil sesuai yang diharapkan bersama”, pungkasnya.

Pembukaan Assesmen Lapangan ini dihadiri oleh Wakil Rektor II, Kepala Biro AUAK, unsur pimpinan, dosen, tendik dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *