Kuliah Tamu TBI: Susun Skripsi Dengan Bantuan ICT

(iainfmpapua.ac.id) –  Mahasiswa dapat menyusun skripsi dengan bantuan Information and  Communication Technology (ICT). Dosen IAIN Curup Dr. Eka Apriani, M.Pd menyampaikan hal ini dalam kuliah tamu yang digelar Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua dengan tema ‘Guest Lecture Research in (ELT) English Language Teaching’ di Aula Fakultas Tarbiyah, 9 Juni 2023.

“Namun hal yang terpenting untuk dimiliki sebelum memulai menulis adalah memiliki mood yang baik,” jelasnya. Ia memaparkan bahwa skripsi setidaknya harus memiliki 9 bagian yakni, judul abstrak, keywords, pendahuluan, landasan teori, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan referensi. “Di setiap bagian ICT, banyak platform digunakan dalam menulis, mengumpulkan data dan menganalisis data,” tambahnya. Menurutnya kesulitan mahasiswa dalam menyusun skripsi dikarenakan belum menggunakan ICT platform dengan benar. Di samping itu, tambahnya, banyak mahasiswa yang memiliki kesalahan pemahaman memaknai setiap bagian dan rules dalam menyusun skripsi. “Seperti judul, perlu diingat, judul harus menggambarkan isi penelitian, kemudian katakuncinya harus berhubungan dengan judul, dan abstrak yang ditulis harus menjawab judul,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Dekan fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Zulihi, M.Ag menerangkan bahwa skripsi selalu menjadi momok menakutkan bagi setiap mahasiswa. “Hari ini hal-hal yang selalu menjadi pertanyaan kalian terkait skripsi utamanya bab 4 dibahas tuntas dalam paparan materi Dr Eka,” ucapnya didampingi Ketua Prodi TBI Erfin Wijayanti, M.Pd. Dekan berharap agar silaturahmi yang telah terjalin bersama IAIN Curup tidak berhenti sampai di kuliah tamu ini. “Semoga kita semua dapat memberikan kontribusi pada instansi masing-masing,” pungkasnya.

Kuliah tamu ini dihadiri oleh Dekan dan unsur pejabat di lingkungan Fakultas Tarbiyah serta diikuti mahasiswa semester akhir dari seluruh program studi di Fakultas Tarbiyah sebagai pesertanya.  (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *